Keringat Pria Berbau Busuk Menandakan Punya Penyakit Kelamin?

Written By Admin on Senin, 12 Desember 2011 | 12.12.11

ilustrasi foto
Meski pria menutupi penyakit kelaminnya tetapi bau keringat yang dimunculkan bisa menandakan pria tersebut sakit kelamin. Keringat ketiak laki-laki yang mengidap gonore (kencing nanah) berbau lebih busuk ketimbang keringat pria yang tidak terinfeksi gonore.

Dalam Journal of Sexual Medicine dijelaskan perempuan menilai keringat laki-laki yang terinfeksi kurang nyaman dibandingkan keringat pria sehat. Para perempuan juga mengatakan bahwa sekitar 50 persen pria yang mengidap gonore memiliki keringat yang berbau busuk.


Peneliti berspekulasi bahwa sistem kekebalan pria mungkin terlibat karena terdapat hubungan antara konsentrasi antibodi dalam air liur pria dengan senyaman apa bau keringat pria bagi perempuan.

Antibodi adalah protein yang berfungsi melawan penyakit. Semakin tinggi konsentrasi antibodi, semakin rendah skor kenyamanan bau keringat pria.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa penyakit infeksi mengurangi daya tarik pada manusia. Kami dapat menyimpulkan bahwa tubuh bau yang tidak menyenangkan dari orang yang terinfeksi dapat mengurangi kemungkinan risiko hubungan yang berbahaya," kata Mikhail Moshkin, profesor di Institute of Cytology and Genetics di Novosibirsk, Rusia, seprti dilansir nydailynews.com, Senin (12/12/2011).

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan keringat dari ketiak 34 orang pria Rusia yang berusia 17-25 tahun. Terdapat 13 orang laki-laki yang memiliki gonore, 16 orang sehat, dan 5 orang pernah memiliki gonore dan sekarang tetapi sembuh.

Para pria mengenakan T-shirt dengan bantalan kapas di ketiaknya selama satu jam, kemudian bantalan kapas ditempatkan dalam botol kaca. Para peneliti meminta 18 orang perempuan sehat untuk mengendus botol dan menilai tingkat bau dengan skala 10 poin.

Skor yang lebih tinggi menunjukkan bau yang lebih menyenangkan. Para perempuan juga diminta memilih kata dari daftar untuk menggambarkan baunya seperti bau busuk, bau harum, bau sayur, bau pohon, bau mint dan bau buah.[detikhealth]

0 komentar: