8 Cara Mencegah Kanker Payudara

Written By Admin on Kamis, 16 Oktober 2014 | 16.10.14

Kanker payudara adalah sebuah penyakit yang sangat ditakuti sebagian besar wanita di dunia. Oleh karena itu para wanita sebaiknya menjaga agar jangan sampai terkena kanker payudara. Ada penelitian kanker di Amerika melakukan 81 survei terhadap hubungan pola hidup dengan kanker, dan hasilnya membuktikan, jika seorang wanita menerapkan pola hidup sehat, ia dapat menurunkan 40% risiko kanker payudara. Setidaknya ada 8 tips mencegah kanker payudara yang bisa anda terapkan.

1. Jauhi makanan berlemak dan berkalori tinggi, perbanyak asupan serat. Penelitian di Amerika membuktikan, asupan serat dapat menurunkan risiko kanker payudara. Bagi seorang wanita dewasa, sebaiknya mengkonsumsi 25gr makanan berserat setiap harinya.

2. Menjaga bentuk tubuh. Penelitian kanker di Amerika membuktikan, semakin kurus seorang wanita, risiko terkena kanker payudaranya pun semakin kecil, seorang pasien kanker payudara harus menjaga bentuk dan berat badannya, ini baik untuk proses pengobatan.

3. Sering olahraga. Ahli menuturkan, setiap hari kita harus berolahraga setidaknya 30 menit. Bergerak sedikit lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali, semakin banyak bergerak semakin baik.

4. Batasi asupan alkohol. Mengkonsumsi alkohol sebaiknya tidak lebih dari 1 gelas per harinya. Mengkonsumsi bir sebaiknya tidak lebih dari 340ml setiap harinya, dan untuk wine sebaiknya dikonsumsi kurang dari 142ml.

5. Menikah dan melahirkan pada waktunya. Telat menikah dan melahirkan dapat membuat kadar hormon dalam tubuh seorang wanita kehilangan keseimbangan, ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

6. Menyusui. Seorang ahli peneliti di Amerika menuturkan, sebuah data statistik menunjukkan, memberikan ASI kepada bayi hingga tumbuh besar dapat menurunkan risiko kanker payudara. Karena itu, bagi seorang ibu muda, sebaiknya terus memberikan ASI setidaknya hingga 6 bulan ke depan.

7. Tidak mengkonsumsi esterogen berlebihan. Beberapa tahun terakhir, setelah kaum wanita di Amerika tidak membabi buta terhadap estrogen, tingkat kejadian kanker payudara pun menurun. Karena itu, jika tidak ada gejala menopause yang parah, jangan menggunakan estrogen dengan sembarangan.

8. Hindari paparan sinar X yang tidak diperlukan. Peneliti Amerika sudah sejak lama melakukan penelitian terhadap paparan sinar X jangka panjang terhadap seorang wanita, dan ditemukan, wanita yang pernah terkena paparan sinar X memiliki risiko terkena kanker payudara hingga 4 kali lipat lebih besar dibandingkan wanita yang tidak. Seorang ilmuwan dari Kanada juga menemukan, anak-anak atau kaum muda yang terkena paparan sinar X pada pemeriksaan dada karena TBC, di kemudian harinya juga memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Salah satu peneliti menghimbau : Pada saat muda, sebisa mungkin hindari pemeriksaan atau pengobatan yang menggunakan sinar X, ini adalah salah satu tindakan pencegahan kanker payudara.

Apakah anda siap menerapkan 8 kebiasaan yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara tersebut?
Bagikan informasi ini ke teman-teman anda ya ;)

0 komentar: